sarmi jawanti ( 20206889 ): Tugas Minggu Ketiga : Kelemahan, Kekuatan, Ancaman & Peluang ( dengan Analisis SWOT ) pada PT.Ultrajaya Tbk.

Kamis, 08 April 2010

0

Tugas Minggu Ketiga : Kelemahan, Kekuatan, Ancaman & Peluang ( dengan Analisis SWOT ) pada PT.Ultrajaya Tbk.

Kini perusahaan minuman sangat beragam karna kebutuhan akan minuman instant yang diperlukan pada zaman sekarang. Salah satunya adalah PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk merupakan industry besar yang berkembang di Negara kita. Sebelum memulai suatu usaha baik sekala kecil atau besar sebaiknya perusahaan memikirkan untuk jangka kedepannya untuk beberapa tahun kedepan, apakah ada kekuatan dan kelemahan, ancaman dan kesempatan perusahaan atau pesaing lain yang akan masuk ke dalam ancaman perusahaan tersebut. Maka untuk memprediksi atau menilai kondisi tersebut maka di gunakan sebuah analisis yang di kenal dengan analisis SWOT.

Analisis SWOT adalah Indentifikasi berbagai faktor secara sistematis unutk merumuskan strategi perusahaan. Tujuan dari analisis SWOT itu sendiri adalah dilakukan unutk mengidentifikasi kondisi internal dan ekternal yang terlibat sebagai inputan untuk perancangan proses sehingga proses yang dirancang dapat berjalan dengan efesien dan efektif. Analisis SWOT dapat dilakukan dari dua pihak yaitu pihak Internal dan Eksternal Perusahaan. kedua faktor ini harus di pertimbangkan dalam melakukan analisis SWOT.

Analisis SWOT teridiri dari 4 ( empat ) komponen yang terdiri dari:

1. Streangth ( S ) adalah situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari organisasi program pada saat ini di suatu perusahaan.

2. Weakness ( W ) adalah situasi / kondisi yang merupakan kelemahan dari organisasi atau program pada saat ini.

3. Opportunity ( O ) adalah situasi / kondisi yang merupakan peluang di luar organisasi dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi di masa depan.

4. Therat ( T ) adalah situasi yang merupakan ancaman bagi organisasi yang datang dari luar organisasi dan dapat menggunakan eksistensi organisasi dai masa akan datang.

Berikut adalah hasil analisis SWOT pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk.

Kekuatan pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk
Kekuatan utama PT Ultrajaya terletak pada visi pemasaran yang terfokus – terus menerus membangun merek yang kuat dan memerlebar ragam produk makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.

Untuk melaksanakan hal ini, PT Ultrajaya telah melakukan investasi yang signifikan dalam aktivitas pemasaran, teknologi, pengembangan produk dan yang paling penting, distribusi.

Perusahaan ini termasuk salah satu perusahaan di Indonesia yang memiliki jaringan distribusi yang paling luas, mencakup seluruh daerah Indonesia, mulai dari Sumatera di ujung Barat hingga Papua di ujung Timur. Hal ini dapat dicapai oleh adanya sistem distribusi yang terdiri dari 2,500 grosir yang bersama-sama melayani lebih dari 25,000 toko ritel (toko moderen dan tradisional), hotel dan pelanggan komersial.

Jaringan distribusi ini juga didukung oleh jaringan penjualan PT Ultrajaya yang terdiri dari lebih 300 tenaga penjual, lebih dari 100 kendaraan, serta 9 depo dan kantor cabang di kota-kota besar, ditambah lagi oleh beberapa distributor lokal.

Pasar utama PT Ultrajaya adalah Indonesia dengan populasi 200 juta orang yang memiliki tingkat daya beli yang meningkat. Pasar domestik mencapai 90 persen dari total produksi perusahaan ini. Namun sejak 1988, perusahaan ini mulai aktif memasuki pasar ekspor ke negara-negara tertentu.

Kelebihan dari PT ULTRAJAYA MILK INDUSTRY & TRADING COMPANY Tbk. :

•SDM yang besar dan terlatih
•Harga produk yang komputitif
•Keadaan distribusi dan pangsa pasar
•Loyalitas konsumen terhadap produknya
•Brand Image
•Pertumbuhan penjualan
•Keadaan distribusi dan pangsa pasar
•Riset dan sevelopment yang Intensif

Kelemahan dari PT ULTRAJAYA MILK INDUSTRY & TRADING COMPANY Tbk. :
•Ketersediaan bahan baku
•Biaya produksi yang tinggi

Ancaman PT ULTRAJAYA MILK INDUSTRY & TRADING COMPANY Tbk

  • kebijakan pemerintah
  • Masuknya para pesaing baru
  • Fluktuasi nilai tukar rupiah
  • terhadap pesaing produk lainnya

Peluang PT ULTRAJAYA MILK INDUSTRY & TRADING COMPANY Tbk.
  • meningkatkan kualitas usahanya
  • memenuhi permintaan pasar
  • memenuhi kebutuhan konsumen agar perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidup dan kemajuan usahanya.
Sumber : www.google.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Powered by: Blogger | Maintenance by: Husein