sarmi jawanti ( 20206889 ): tugas : Studi Kelayakan Bisnis ( Warnet Rame )

Rabu, 06 Januari 2010

0

tugas : Studi Kelayakan Bisnis ( Warnet Rame )

PENDAHULUAN

Pada saat ini kebutuhan masyarakat akan informasi sangat meningkat, untuk memenuhi kebutuhan ini diperlukan sarana – sarana yang memadai dalam rangka pengiriman dan penerimaan informasi yang baik terutama dalam pelayanan jasa telekomunikasi Untuk melihat kelayakan usaha tersebut dapat diketahui dari berbagai aspek-aspek yang harus diperhatikan oleh pemilik usaha tersebut, kita lihat satu persatu aspek-aspek tersebut yang pertama aspek pasar, apabila pasar atau konsumen yang akan menikmati produk jasa ini tidak begitu banyak berarti dilihat dari aspek pasar usaha ini tidak layak, yang kedua aspek teknis apabila tidak ada unsur-unsur teknis yang mendukung jalannya usaha ini tidak dapat berjalan dengan maksimal, aspek keuangan apakah modal yang diperlukan memenuhi target dan sumber-sumber dana yang ditaksirkan, aspek manajemen siapa yang melakukan masing-masing aspek tersebut, aspek hukum bagaimana bentuk legalitas perusahaan, apakah mempunyai izin usaha, aspek sosial bagaimana pengaruhnya kepada masyarakat sekitar proyek.

Tujuan
1. Untuk menjelaskan bagaimana penilaian kelayakan usaha warung internet CV. Rame Jl. Sawangan Depok.
2. Untuk menjelaskan bagaimana mengkonversikan penilaian kelayakan usaha warung internet CV. Rame Jl. Sawangan Depok menggunakan metode Payback Period, Net Present Value ( NPV ).
Objek
Objek perusahaan dalam proposal ini adalah CV. Rame Depok.

Analisa Aspek-Aspek Kelayakan Proyek
Dalam merencanakan suatu proyek tersebut dipengaruhi enam aspek yang perlu menjadi perhatian untuk membantu kelancaran suatu usaha. Aspek-aspek yang perlu diperhatikan adalah aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis, aspek keuangan, aspek manajemen, aspek hukum dan aspek ekonomi dan sosial.

1. Aspek Pasar dan Pemasaran
Penyediaan sarana jasa Warung Internet ini adalah salah satu bentuk pelayanan jasa komunikasi yang di butuhkan dari sekian banyak kebutuhan manusia, melalui jasa ini pemilik warnet harus jeli dalam menentukan lokasi dimana akan didirikannya warnet tersebut, dan didalam pendirian warnet CV. Rame ini yang terletak di Jl. sawangan, Lokasinya sangat memungkinkan karena terletak sangat srategis dimana banyak anak sekolahan dan warga yang bertempat tinggal, dan di sepanjang Jl. sawangan ini banyak orang yang membuka usaha, seperti apotik, rumah makan, puskesmas, warnet ini berdekatan juga dengan perkampungan yang ditempati mayoritas oleh penduduk asli Depok. Dalam hal ini untuk pembukaan cabang baru warnet CV. Rame di Jl.sawangan dapat diperkirakan layak untuk didirikan .

2. Aspek Teknis
Pihak CV. Rame dalam melayani konsumen selama 24 jam. Pemilihan lokasi cukup strategis, karena terletak di daerah yang banyak anak sekolahan dimana banyak anak sekolahan dan warga yang melintasi jalan ini.

3. Aspek Manajemen / Organisasi
Yang dinilai dari aspek ini adalah parah pengelola usaha dan stuktur organisasi yang ada. mulai dari merencanakan, melaksanakan samapai dengan mengendalikan agar tidak terjadi penyimpangan.

Keterangan dan penjelasan dari bagan struktur organisasi CV. Rame adalah sebagai berikut :
A. PEMIMPIN CV. Rame
Pemimpin adalah pemilik CV. Rame yaitu Sarmi Dan Rati beliau adalah pimpinan tertinggi dalam perusahaan karena ia yang mendirikan dan sekaligus yang memberikan wewenang dan mengontrol langsung jalannya perusahaan Tugas dan tanggung jawab serta wewenang :
a. Mengkoordinir, mengawasi segala kegiatan CV. Rame baik dalam hal pelayanan terhadap konsumen kenyamanan dalam warnet
b. Membuat rencana kerja
c. Membuat keputusan mengenai kebijaksanan umum
d. Membina dan mengarahkan para karyawan untuk bekerja lebih baik
e. Berhak menegur dan mengkoreksi tindakan karyawan yang menyimpang dari aturan
f. Berhak memberhentikan dan mengganti karyawan
g. Memutuskan jumlah gaji karyawan

B. BENDAHARA CV. Rame
Bendahara CV. Rame adalah sahabat dari Sarmi dan Rati yang bernama Melati dan Evi . Tugas dan tanggung jawab serta wewenangnya:
a. Mencatat dan membekukan setiap transaksi
b. Mengatur biaya dan pendanaan yang dilakukan perusahaan
c. Mengeluarkan dana yang diperlukan oleh warnet
d. Menyiapkan laporan keuangan hasil operasi usaha
e. Melaporkan penyimpangan yang terjadi

C. KARYAWAN
Karyawan CV. Rame terdiri dari dua orang karyawan Tugas dan Tanggung jawab :
a. Bekerja dengan baik pada warnet Rame
b. Menjalankan transaksi pemakaian jasa telekomunikasi
c. Menerima dan bertanggung jawab atas uang pembayaran konsumen
d. Melaporkan pada bagian keuangan terhadap uang hasil pendapatan
e. Bertanggung jawab yang baik kepada konsumen

4. Aspek Ekonomi Sosial
Penelitian dalam aspek ekonomi adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan jika proyek tersebut di jalankan. Dampak ekonomi tertentu yaitu peningkatan pendapatan masyarakat. Demikian pula dengan dampak sosial seperti sarana dan prasarana seperti jalan, pendidikan, transportasi, dll.

5. Aspek Hukum
Membahas masalah tentang kelengkapan dan keabsahan dokumen perusahaan mulai dari bentuk, badan usaha sampai surat izin yang dimiliki.

6. Apek Dampak Lingkungan (AMDAL)
Setiap proyek yang dijalankan akan berdampak lebih besar terhadap lingkungan sekitar baik terhadap darat, air dan udara yang akhirnya berdampak pada kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan yang ada disekitarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by: Blogger | Maintenance by: Husein