sarmi jawanti ( 20206889 ): Pandangan tentang Aborsi

Sabtu, 20 Maret 2010

1

Pandangan tentang Aborsi

Oleh M. Dz. Habibullah, 0906631244

Judul: “Abortus Dua Sisi”

Pengarang: Tb. Ronny Nitibaskara, kriminolog, FISIPUI

Data Publikasi: Majalah Forum, VI: 18, 15 Desember 1997, 99

Apa Sebenarnya aborsi itu? Bagaimanakah pandangan orang tentang aborsi? Dan apa penyebab timbulnya praktik aborsi di Indonesia? Tentunya itu menjadi pertanyaan bagi kita semua. Mari kita lihat bagaimana pandangan Ronny Nitibaskara tentang aborsi.

Aborsi berarti kelahiran janin yang belum dapat mempertahankan hidup. Berbagai Negara di dunia memiliki bermacam-macam pendapat tentang aborsi. Ada Negara yang mati-matian menentang aborsi, dan ada pula Negara yang membebaskan rakyatnya untuk melakukan praktik aborsi. Itu tergantung kepada kebijakan Negara tersebut tentang hal itu. Di Indonesia, banyak sekali kita lihat praktik aborsi, baik itu yang legal maupun yang ilegal. Menurut Nitibaskara, ada beberapa faktor mengapa menjamurnya praktik aborsi di Indonesia. Yang pertama, meningkatnya perilaku permisif dan seks bebas di kalangan remaja. Kedua, mudahnya melakukan aborsi itu sendiri. Dan ketiga, lemahnya kontrol dan sanksi sosial.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa Indonesia memiliki banyak pasal dalam KUHP untuk melarang aborsi. Tetapi kita lihat kenyataannya di masyarakat, banyak sekali orang yang melakukan aborsi baik itu orang dewasa maupun para remaja. Itu semua terjadi tentunya karena kurangnya pengetahuan masyarakat khususnya para remaja tentang akibat melakukan hubungan seksual dan cara pencegahan kehamilan.

1 komentar:

M. Dz. Habibullah mengatakan...

Mau tau aja, dapat tulisan saya dari mana ya??

Posting Komentar

 
Powered by: Blogger | Maintenance by: Husein